Kamis, 01 Desember 2022

KISI-KISI PAS 1 TAHUN 2022 TEMA 5 & BAHASA CIREBON HARI JUMAT

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2022/2023

KEC. LEMAHWUNGKUK KOTA CIREBON

 

Muatan Pelajaran : Tema 5

Kompetensi Inti   :

1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya  diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya, serta cinta tanah air.

3. Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain

4. Menunjukkan keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.

Kelas / Semester        : VI (Enam) / 1 (Satu)

Waktu                         : JUMAT (90 menit)

No.

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi

Level

Kognitif

Bentuk Soal

1

PPKn

3.3 Menelaah keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat

3.3.1 Menjelaskan pengertian wirausaha

 

Wirausaha

C2

PG

 

 

3.3.2 Menganalisis pengaruh positif keberagaman kegiatan wirausaha

Wirausaha

C4

PG

 

 

3.3.3 Mengidentifikasi salah satu sikap yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan

Wirausaha

C1

PG

 

 

3.3.4 Menganalisis keberagaman wirausaha dalam masyarakat

Wirausaha

C4

PG

 

 

3.3.5 Menjelaskan manfaat teknologi dalam berwirausaha

Wirausaha

C2

Isian

 

 

3.3.6 Mengidentifikasi contoh keberagaman wirausaha dalam kehidupan sehari-hari

Wirausaha

C1

Isian

 

 

3.3.7 Menjelaskan sikap menghargai dalam keberagaman wirausaha

Wirausaha

C2

Uraian

2

Bahasa Indonesia

3.6 Mencermati petunjuk dan isi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/kantor pos, daftar riwayat hidup, dsb)

3.6.1 Menganalisis isi dalam riwayat hidup

Riwayat Hidup

C4

PG

 

 

3.6.2 Mengidentifikasi ciri formulir yang baik dan benar

Formulir

C1

PG

 

 

3.6.3 Menentukan cara pengisian formulir dalam gambar yang disajikan

Formulir

C3

PG

 

 

3.6.4 Menjelaskan pengiriman uang melalui kantor pos

Wesel pos

C2

PG

 

 

3.6.5 Menjelaskan pengertian formulir

Formulir

C2

Isian

 

 

3.6.6 Menjelaskan pengertian riwayat hidup

Riwayat Hidup

C2

Isian

 

 

3.6.7 Menyebutkan informasi yang ada di riwayat hidup

 

C1

Uraian

3

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

3.5 Mengidentifikasi sifat-sifat magnet dalam kehidupan sehari-hari

3.5.1 Menjelaskan pengertian medan magnet

 

Medan magnet

C2

PG

 

 

3.5.2 Mengidentifikasi kutub yang sejenis

Kutub magnet

C1

PG

 

 

3.5.3 Menyebutkan bentuk-bentuk magnet

Bentuk Magnet

C1

PG

 

 

3.5.4 Menentukan contoh benda-benda nonmagnetis

Nonmagnetis

C3

PG

 

 

3.5.5 Menyebutkan letak kekuatan magnet yang besar

Magnet

C1

Isian

 

 

3.5.6 Menyebutkan cara membuat magnet

Magnet

C1

Isian

 

 

3.5.7 Menyebutkan sifat-sifat magnet

Sifat magnet

C1

Uraian

4

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

3.3 Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN

3.3.1 Menganalisis tujuan masyarakat ekonomi ASEAN

ASEAN

C4

PG

 

 

3.3.2 Menyebutkan tujuan MEA di kawasan ASEAN

MEA

C1

PG

 

 

3.3.3 Menyebutkan keuntungan MEA  bagi Indonesia

 

C1

PG

 

 

3.3.4 Menganalisis orang yang melakukan kegiatan Ekspor

Eksportir

C4

PG

 

 

3.3.5 Menganalisis manfaat adanya kegiatan usaha pabrik teh di lingkungan masyarakat

Ekonomi

C4

Isian

 

 

3.3.6 Mengidentifikasi kerjasama perdagangan negara anggota ASEAN

ASEAN

C1

Isian

 

 

3.3.7 Menyebutkan contoh bentuk kerjasama ASEAN

ASEAN

C1

Uraian

5

SBdP

3.1 Memahami reklame

3.1.1 Menjelaskan pengertian logo

Logo

C2

PG

 

 

3.1.2 Menganalisis jenis-jenis poster

Poster

C4

PG

 

 

3.1.3 Menjelaskan bahasa pada poster

Poster

C2

PG

 

 

3.1.4 Menjelaskan pengertian brosur

Brosur

C2

PG

 

 

3.1.5 Menjelaskan pengertian baliho

Baliho

C2

Isian

 

 

3.1.6 Menjelaskan reklame audio visual

Reklame

C2

Isian

 

 

3.1.7 Menyebutkan macam-macam reklame

Reklame

C1

Uraian

 

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2022/2023

KEC. LEMAHWUNGKUK KOTA CIREBON

 

Muatan Pelajaran      : Bahasa Cirebon

Kompetensi Inti          :

1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

2. Menunjukkan perilaku: jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, tetangga dan negara

Kelas / Semester        : VI (Enam)

Waktu                         : JUMAT (90 Menit)

No.

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi

Level

Kognitif

Bentuk Soal

1

 

3.1 Mencermati teks narasi tentang kebanggaan terhadap Bahasa Cirebon tingkatan ngoko/ bagongan dan karma/bebasan

Peserta didik mampu mengidentifikasi Barong kepet termasuk dalam kesenian Cirebon, dengan tepat.

Bangga terhadap daerahku

C3

PG

Peserta didik mampu mengidentifikasi bentuk Barong Kepet, dengan tepat.

C3

PG

Peserta didik mampu menyebutkan manfaat sarana kesenian barong kepet, dengan benar.

C1

PG

Peserta didik mampu menyebutkan kostum yang digunakan dalam kesenian Barong Kepet, dengan benar.

C1

PG

Peserta didik mampu menyebutkan dhalang dalam kesenian Barong Kepet, dengan tepat.

C1

PG

Peserta didik mampu menyebutkan julukan Kota Cirebon, dengan benar.

C2

PG

Peserta didik mampu mengkategorikan tarian dari Cirebon, dengan tepat.

C2

PG

2

3.4. Menyampaikan isi/makna teks sastra daerah Cirebon berupa parikan (pantun), pribahasa, wangsalan dan guritan (puisi berbahasa Cirebon)

Peserta didik mampu menentukan bebasane “teka”, dengan benar.

Kemasyarakatan

C3

PG

3

3.1 Mencermati teks narasi tentang kebanggaan terhadap Bahasa Cirebon tingkatan ngoko/ bagongan dan karma/bebasan

Peserta didik mampu menyebutkan corak batik Cirebon, dengan benar.

Bangga terhadap daerahku

C2

PG

Peserta didik mampu menganalisis letak geografis Kota Cirebon, dengan tepat.

C4

PG

Peserta didik mampu mengidentifikasi situs sejarah Cirebon, dengan benar.

C3

PG

Peserta didik mampu menyebutkan kuliner khas Cirebon ,dengan benar.

C1

PG

Peserta didik mampu mengidentifikasi tempat produksi sandal di Cirebon, dengan tepat.

C3

PG

 

3.4. Menyampaikan isi/makna teks sastra daerah Cirebon berupa parikan (pantun), pribahasa, wangsalan dan guritan (puisi berbahasa Cirebon)

Peserta didik mampu menentukan arti tembung ekspor, dengan benar.

Kemasyarakatan

C3

PG

 

Peserta didik mampu menentukan bahasa padinan yang diubah menjadi bahasa bebasan, dengan benar.

C3

PG

 

3.2. Menyimak teks lagu daerah (berjenis tembang dolanan, tembang anyar/kiser gancang, dan tembang macapat pupuh mijil/kinanti) tentang persatuan dan perbedaan.

Peserta didik mampu mengidentifikasi tembang dolanan, dengan benar.

Kesatuan dalam perbedaan

C2

PG

 

3.4. Menyampaikan isi/makna teks sastra daerah Cirebon berupa parikan (pantun), pribahasa, wangsalan dan guritan (puisi berbahasa Cirebon)

Peserta didik mampu menentukan kata yang tidak tepat menjadi tepat, dengan benar.

Kemasyarakatan

C3

PG

Peserta didik mampu menentukan kata yang dicetak miring menjadi bahasa bebasan, dengan benar.

C3

PG

 

3.2. Menyimak teks lagu daerah (berjenis tembang dolanan, tembang anyar/kiser gancang, dan tembang macapat pupuh mijil/kinanti) tentang persatuan dan perbedaan.

Peserta didik mampu menyebutkan pencipta tembang sumpah suci, dengan tepat.

Kesatuan dalam perbedaan

C1

PG

Peserta didik mampu menganalisis makna tembang sumpah suci, dengan benar.

C4

PG

 

3.1 Mencermati teks narasi tentang kebanggaan terhadap Bahasa Cirebon tingkatan ngoko/ bagongan dan karma/bebasan

Peserta didik mampu menyebutkan seni musik khas Cirebon, dengan tepat.

Bangga terhadap daerahku

C1

Isian

 

3.2. Menyimak teks lagu daerah (berjenis tembang dolanan, tembang anyar/kiser gancang, dan tembang macapat pupuh mijil/kinanti) tentang persatuan dan perbedaan.

Peserta didik mampu menentukan Bahasa Bebasan dari sebuah kata, dengan benar.

Kesatuan dalam perbedaan

C3

Isian

 

3.1 Mencermati teks narasi tentang kebanggaan terhadap Bahasa Cirebon tingkatan ngoko/ bagongan dan karma/bebasan

Peserta didik mampu menyebutkan wisata laut yang ada di Cirebon dengan tepat.

Bangga terhadap daerahku

C1

Isian

 

3.2. Menyimak teks lagu daerah (berjenis tembang dolanan, tembang anyar/kiser gancang, dan tembang macapat pupuh mijil/kinanti) tentang persatuan dan perbedaan.

Peserta didik mampu menyempurnakan kalimat rumpang, dengan tepat.

Kesatuan dalam perbedaan

C3

Isian

 

3.2. Menyimak teks lagu daerah (berjenis tembang dolanan, tembang anyar/kiser gancang, dan tembang macapat pupuh mijil/kinanti) tentang persatuan dan perbedaan.

Peserta didik mampu mengidentifikasi pegawean, dengan tepat.

C3

Isian

 

3.4. Menyampaikan isi/makna teks sastra daerah Cirebon berupa parikan (pantun), pribahasa, wangsalan dan guritan (puisi berbahasa Cirebon)

Peserta didik mampu menyebutkan arane kembang gedang, dengan tepat.

Kemasyarakatan

C1

Isian

 

3.1 Mencermati teks narasi tentang kebanggaan terhadap Bahasa Cirebon tingkatan ngoko/ bagongan dan karma/bebasan

Peserta didik mampu mengidentifikasi pesta adat yang ada di Cirebon, dengan tepat.

Bangga terhadap daerahku

C3

Isian

 

3.2. Menyimak teks lagu daerah (berjenis tembang dolanan, tembang anyar/kiser gancang, dan tembang macapat pupuh mijil/kinanti) tentang persatuan dan perbedaan.

Peserta didik mampu melabelkan nama, dengan tepat.

Kesatuan dalam perbedaan

C2

Isian

 

3.3. Mengidentifikasi kata yang memiliki sandangan swara (berupa sandangan suku, wulu, taling, taling tarung, pepet) dalam aksara caraka.

Peserta didik mampu menentukan arti Ha na car a ka dengan tepat.

Lingkungan Alam Sekitarku

C2

Isian

 

Peserta didik mampu menyebutkan jumlah aksara caraka, dengan benar.

C1

Isian

 

3.2. Menyimak teks lagu daerah (berjenis tembang dolanan, tembang anyar/kiser gancang, dan tembang macapat pupuh mijil/kinanti) tentang persatuan dan perbedaan.

Peserta didik mampu membuat kalimat dari sebuah kata Bahasa Cirebon, dengan benar.

Kesatuan dalam perbedaan

C4

Essay

 

3.3. Mengidentifikasi kata yang memiliki sandangan swara (berupa sandangan suku, wulu, taling, taling tarung, pepet) dalam aksara caraka.

Peserta didik mampu menuliskan aksara caraka dengan benar.

Lingkungan alam sekitarku

C4

Essay

 

3.4. Menyampaikan isi/makna teks sastra daerah Cirebon berupa parikan (pantun), pribahasa, wangsalan dan guritan (puisi berbahasa Cirebon)

Peserta didik mampu menyebutkan aran wulan kanggo Bahasa Cirebon, dengan tepat.

Kemasyarakatan

C2

Essay

 

3.1 Mencermati teks narasi tentang kebanggaan terhadap Bahasa Cirebon tingkatan ngoko/ bagongan dan karma/bebasan

Peserta didik mampu menyebutkan tempat wisata di daerah Cirebon, dengan benar.

Bangga terhadap daerahku

C1

Essay

 

3.2. Menyimak teks lagu daerah (berjenis tembang dolanan, tembang anyar/kiser gancang, dan tembang macapat pupuh mijil/kinanti) tentang persatuan dan perbedaan.

peserta didik mampu mengidentifikasi lagu daerah Jawa Barat, dengan benar.

Kesatuan dalam perbedaan

C3

Essay

 

Tidak ada komentar: