KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN
2022/2023
KEC. LEMAHWUNGKUK KOTA CIREBON
Muatan Pelajaran : Tema 5
Kompetensi Inti :
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya, serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain
4. Menunjukkan keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.
Kelas /
Semester : VI (Enam) / 1 (Satu)
Waktu : JUMAT (90 menit)
No. |
Kompetensi Dasar |
Indikator |
Materi |
Level Kognitif |
Bentuk Soal |
1 |
PPKn 3.3
Menelaah keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat |
3.3.1
Menjelaskan pengertian wirausaha |
Wirausaha |
C2 |
PG |
|
|
3.3.2
Menganalisis pengaruh positif keberagaman kegiatan wirausaha |
Wirausaha |
C4 |
PG |
|
|
3.3.3
Mengidentifikasi salah satu sikap yang harus dimiliki oleh seorang
wirausahawan |
Wirausaha |
C1 |
PG |
|
|
3.3.4
Menganalisis keberagaman wirausaha dalam masyarakat |
Wirausaha |
C4 |
PG |
|
|
3.3.5
Menjelaskan manfaat teknologi dalam berwirausaha |
Wirausaha |
C2 |
Isian |
|
|
3.3.6
Mengidentifikasi contoh keberagaman wirausaha dalam kehidupan sehari-hari |
Wirausaha |
C1 |
Isian |
|
|
3.3.7
Menjelaskan sikap menghargai dalam keberagaman wirausaha |
Wirausaha |
C2 |
Uraian |
2 |
Bahasa Indonesia 3.6
Mencermati petunjuk dan isi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota,
pengiriman uang melalui bank/kantor pos, daftar riwayat hidup, dsb) |
3.6.1
Menganalisis isi dalam riwayat hidup |
Riwayat
Hidup |
C4 |
PG |
|
|
3.6.2
Mengidentifikasi ciri formulir yang baik dan benar |
Formulir |
C1 |
PG |
|
|
3.6.3
Menentukan cara pengisian formulir dalam gambar yang disajikan |
Formulir |
C3 |
PG |
|
|
3.6.4
Menjelaskan pengiriman uang melalui kantor pos |
Wesel
pos |
C2 |
PG |
|
|
3.6.5
Menjelaskan pengertian formulir |
Formulir |
C2 |
Isian |
|
|
3.6.6
Menjelaskan pengertian riwayat hidup |
Riwayat
Hidup |
C2 |
Isian |
|
|
3.6.7
Menyebutkan informasi yang ada di riwayat hidup |
|
C1 |
Uraian |
3 |
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) 3.5
Mengidentifikasi sifat-sifat magnet dalam kehidupan sehari-hari |
3.5.1
Menjelaskan pengertian medan magnet |
Medan
magnet |
C2 |
PG |
|
|
3.5.2
Mengidentifikasi kutub yang sejenis |
Kutub
magnet |
C1 |
PG |
|
|
3.5.3
Menyebutkan bentuk-bentuk magnet |
Bentuk
Magnet |
C1 |
PG |
|
|
3.5.4
Menentukan contoh benda-benda nonmagnetis |
Nonmagnetis |
C3 |
PG |
|
|
3.5.5
Menyebutkan letak kekuatan magnet yang besar |
Magnet |
C1 |
Isian |
|
|
3.5.6
Menyebutkan cara membuat magnet |
Magnet |
C1 |
Isian |
|
|
3.5.7
Menyebutkan sifat-sifat magnet |
Sifat
magnet |
C1 |
Uraian |
4 |
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) 3.3 Menganalisis
posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik,
sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN |
3.3.1
Menganalisis tujuan masyarakat ekonomi ASEAN |
ASEAN |
C4 |
PG |
|
|
3.3.2
Menyebutkan tujuan MEA di kawasan ASEAN |
MEA |
C1 |
PG |
|
|
3.3.3
Menyebutkan keuntungan MEA bagi
Indonesia |
|
C1 |
PG |
|
|
3.3.4
Menganalisis orang yang melakukan kegiatan Ekspor |
Eksportir |
C4 |
PG |
|
|
3.3.5
Menganalisis manfaat adanya kegiatan usaha pabrik teh di lingkungan
masyarakat |
Ekonomi |
C4 |
Isian |
|
|
3.3.6
Mengidentifikasi kerjasama perdagangan negara anggota ASEAN |
ASEAN |
C1 |
Isian |
|
|
3.3.7
Menyebutkan contoh bentuk kerjasama ASEAN |
ASEAN |
C1 |
Uraian |
5 |
SBdP 3.1 Memahami
reklame |
3.1.1
Menjelaskan pengertian logo |
Logo |
C2 |
PG |
|
|
3.1.2
Menganalisis jenis-jenis poster |
Poster |
C4 |
PG |
|
|
3.1.3
Menjelaskan bahasa pada poster |
Poster |
C2 |
PG |
|
|
3.1.4
Menjelaskan pengertian brosur |
Brosur |
C2 |
PG |
|
|
3.1.5
Menjelaskan pengertian baliho |
Baliho |
C2 |
Isian |
|
|
3.1.6
Menjelaskan reklame audio visual |
Reklame |
C2 |
Isian |
|
|
3.1.7
Menyebutkan macam-macam reklame |
Reklame |
C1 |
Uraian |
KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN
2022/2023
KEC. LEMAHWUNGKUK KOTA CIREBON
Muatan
Pelajaran : Bahasa Cirebon
Kompetensi Inti :
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku: jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, tetangga dan negara
Kelas /
Semester : VI (Enam)
Waktu : JUMAT (90 Menit)
No. |
Kompetensi Dasar |
Indikator |
Materi |
Level Kognitif |
Bentuk Soal |
1 |
3.1
Mencermati teks narasi tentang kebanggaan terhadap Bahasa Cirebon tingkatan
ngoko/ bagongan dan karma/bebasan |
Peserta
didik mampu mengidentifikasi Barong kepet termasuk dalam kesenian Cirebon,
dengan tepat. |
Bangga
terhadap daerahku |
C3 |
PG |
Peserta
didik mampu mengidentifikasi bentuk Barong Kepet, dengan tepat. |
C3 |
PG |
|||
Peserta
didik mampu menyebutkan manfaat sarana kesenian barong kepet, dengan benar. |
C1 |
PG |
|||
Peserta
didik mampu menyebutkan kostum yang digunakan dalam kesenian Barong Kepet,
dengan benar. |
C1 |
PG |
|||
Peserta
didik mampu menyebutkan dhalang dalam kesenian Barong Kepet, dengan tepat. |
C1 |
PG |
|||
Peserta
didik mampu menyebutkan julukan Kota Cirebon, dengan benar. |
C2 |
PG |
|||
Peserta
didik mampu mengkategorikan tarian dari Cirebon, dengan tepat. |
C2 |
PG |
|||
2 |
3.4.
Menyampaikan isi/makna teks sastra daerah Cirebon berupa parikan (pantun),
pribahasa, wangsalan dan guritan (puisi berbahasa Cirebon) |
Peserta
didik mampu menentukan bebasane “teka”, dengan benar. |
Kemasyarakatan |
C3 |
PG |
3 |
3.1
Mencermati teks narasi tentang kebanggaan terhadap Bahasa Cirebon tingkatan
ngoko/ bagongan dan karma/bebasan |
Peserta
didik mampu menyebutkan corak batik Cirebon, dengan benar. |
Bangga
terhadap daerahku |
C2 |
PG |
Peserta
didik mampu menganalisis letak geografis Kota Cirebon, dengan tepat. |
C4 |
PG |
|||
Peserta
didik mampu mengidentifikasi situs sejarah Cirebon, dengan benar. |
C3 |
PG |
|||
Peserta
didik mampu menyebutkan kuliner khas Cirebon ,dengan benar. |
C1 |
PG |
|||
Peserta
didik mampu mengidentifikasi tempat produksi sandal di Cirebon, dengan tepat. |
C3 |
PG |
|||
|
3.4.
Menyampaikan isi/makna teks sastra daerah Cirebon berupa parikan (pantun),
pribahasa, wangsalan dan guritan (puisi berbahasa Cirebon) |
Peserta
didik mampu menentukan arti tembung ekspor, dengan benar. |
Kemasyarakatan |
C3 |
PG |
|
Peserta
didik mampu menentukan bahasa padinan yang diubah menjadi bahasa bebasan,
dengan benar. |
C3 |
PG |
||
|
3.2.
Menyimak teks lagu daerah (berjenis tembang dolanan, tembang anyar/kiser
gancang, dan tembang macapat pupuh mijil/kinanti) tentang persatuan dan
perbedaan. |
Peserta
didik mampu mengidentifikasi tembang dolanan, dengan benar. |
Kesatuan
dalam perbedaan |
C2 |
PG |
|
3.4.
Menyampaikan isi/makna teks sastra daerah Cirebon berupa parikan (pantun),
pribahasa, wangsalan dan guritan (puisi berbahasa Cirebon) |
Peserta
didik mampu menentukan kata yang tidak tepat menjadi tepat, dengan benar. |
Kemasyarakatan |
C3 |
PG |
Peserta
didik mampu menentukan kata yang dicetak miring menjadi bahasa bebasan,
dengan benar. |
C3 |
PG |
|||
|
3.2.
Menyimak teks lagu daerah (berjenis tembang dolanan, tembang anyar/kiser
gancang, dan tembang macapat pupuh mijil/kinanti) tentang persatuan dan
perbedaan. |
Peserta
didik mampu menyebutkan pencipta tembang sumpah suci, dengan tepat. |
Kesatuan
dalam perbedaan |
C1 |
PG |
Peserta
didik mampu menganalisis makna tembang sumpah suci, dengan benar. |
C4 |
PG |
|||
|
3.1
Mencermati teks narasi tentang kebanggaan terhadap Bahasa Cirebon tingkatan
ngoko/ bagongan dan karma/bebasan |
Peserta
didik mampu menyebutkan seni musik khas Cirebon, dengan tepat. |
Bangga
terhadap daerahku |
C1 |
Isian |
|
3.2.
Menyimak teks lagu daerah (berjenis tembang dolanan, tembang anyar/kiser
gancang, dan tembang macapat pupuh mijil/kinanti) tentang persatuan dan
perbedaan. |
Peserta
didik mampu menentukan Bahasa Bebasan dari sebuah kata, dengan benar. |
Kesatuan
dalam perbedaan |
C3 |
Isian |
|
3.1
Mencermati teks narasi tentang kebanggaan terhadap Bahasa Cirebon tingkatan
ngoko/ bagongan dan karma/bebasan |
Peserta
didik mampu menyebutkan wisata laut yang ada di Cirebon dengan tepat. |
Bangga
terhadap daerahku |
C1 |
Isian |
|
3.2.
Menyimak teks lagu daerah (berjenis tembang dolanan, tembang anyar/kiser
gancang, dan tembang macapat pupuh mijil/kinanti) tentang persatuan dan
perbedaan. |
Peserta
didik mampu menyempurnakan kalimat rumpang, dengan tepat. |
Kesatuan
dalam perbedaan |
C3 |
Isian |
|
3.2.
Menyimak teks lagu daerah (berjenis tembang dolanan, tembang anyar/kiser
gancang, dan tembang macapat pupuh mijil/kinanti) tentang persatuan dan
perbedaan. |
Peserta
didik mampu mengidentifikasi pegawean, dengan tepat. |
C3 |
Isian |
|
|
3.4.
Menyampaikan isi/makna teks sastra daerah Cirebon berupa parikan (pantun),
pribahasa, wangsalan dan guritan (puisi berbahasa Cirebon) |
Peserta
didik mampu menyebutkan arane kembang gedang, dengan tepat. |
Kemasyarakatan |
C1 |
Isian |
|
3.1
Mencermati teks narasi tentang kebanggaan terhadap Bahasa Cirebon tingkatan
ngoko/ bagongan dan karma/bebasan |
Peserta
didik mampu mengidentifikasi pesta adat yang ada di Cirebon, dengan tepat. |
Bangga
terhadap daerahku |
C3 |
Isian |
|
3.2.
Menyimak teks lagu daerah (berjenis tembang dolanan, tembang anyar/kiser
gancang, dan tembang macapat pupuh mijil/kinanti) tentang persatuan dan
perbedaan. |
Peserta
didik mampu melabelkan nama, dengan tepat. |
Kesatuan
dalam perbedaan |
C2 |
Isian |
|
3.3.
Mengidentifikasi kata yang memiliki sandangan swara (berupa sandangan suku,
wulu, taling, taling tarung, pepet) dalam aksara caraka. |
Peserta
didik mampu menentukan arti Ha na car a ka dengan tepat. |
Lingkungan
Alam Sekitarku |
C2 |
Isian |
|
Peserta
didik mampu menyebutkan jumlah aksara caraka, dengan benar. |
C1 |
Isian |
||
|
3.2.
Menyimak teks lagu daerah (berjenis tembang dolanan, tembang anyar/kiser
gancang, dan tembang macapat pupuh mijil/kinanti) tentang persatuan dan
perbedaan. |
Peserta
didik mampu membuat kalimat dari sebuah kata Bahasa Cirebon, dengan benar. |
Kesatuan
dalam perbedaan |
C4 |
Essay |
|
3.3.
Mengidentifikasi kata yang memiliki sandangan swara (berupa sandangan suku,
wulu, taling, taling tarung, pepet) dalam aksara caraka. |
Peserta
didik mampu menuliskan aksara caraka dengan benar. |
Lingkungan
alam sekitarku |
C4 |
Essay |
|
3.4.
Menyampaikan isi/makna teks sastra daerah Cirebon berupa parikan (pantun),
pribahasa, wangsalan dan guritan (puisi berbahasa Cirebon) |
Peserta
didik mampu menyebutkan aran wulan kanggo Bahasa Cirebon, dengan tepat. |
Kemasyarakatan |
C2 |
Essay |
|
3.1
Mencermati teks narasi tentang kebanggaan terhadap Bahasa Cirebon tingkatan
ngoko/ bagongan dan karma/bebasan |
Peserta
didik mampu menyebutkan tempat wisata di daerah Cirebon, dengan benar. |
Bangga
terhadap daerahku |
C1 |
Essay |
|
3.2.
Menyimak teks lagu daerah (berjenis tembang dolanan, tembang anyar/kiser
gancang, dan tembang macapat pupuh mijil/kinanti) tentang persatuan dan
perbedaan. |
peserta
didik mampu mengidentifikasi lagu daerah Jawa Barat, dengan benar. |
Kesatuan
dalam perbedaan |
C3 |
Essay |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar