KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN
2022/2023
KEC. LEMAHWUNGKUK KOTA CIREBON
Tema :
2 (Persatuan dalam Perbedaan)
Kompetensi
Inti : 1. Menerima, menjalankan,
dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya, serta cinta tanah
air.
3. Memahami pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan
cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya
di rumah, di sekolah, dan tempat umum.
4. Menunjukkan keterampilan
berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan
komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, kritis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakkan yang
mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.
Kelas /
Semester : VI/1
Waktu : SELASA (120 menit)
No. |
Muatan Pelajaran |
Kompetensi Dasar |
Indikator |
Materi |
Level Kognitif |
Bentuk Soal |
1 |
PPKn |
3.4
Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan
bernegara berserta dampaknya. |
Disajika soal, peserta didik mampu menentukan makna persatuan dan
kesatuan |
Hidup rukun |
C3 |
PG |
Disajika soal, peserta didik mampu menentukan manfaat sikap/prilaku
seseorang |
C3 |
PG |
||||
Disajika soal, peserta didik mampu menentukan makna dari rasa persatuan
dan kesatuan |
Manfaat persatuan dalam kehidupan NKRI |
C2 |
PG |
|||
Disajikan ilustrasi prilaku seseorang, siswa menentukan sikap dari orang
tersebut |
C3 |
PG |
||||
Disajika soal, peserta didik mampu menetukan
sikap yang mendukung keutuhan bangsa |
C2 |
Isian |
||||
Disajika soal, peserta didik mampu menetukan
contoh sikap yang memperkuat suatu kondisi bangsa |
C2 |
Isian |
||||
Disajika soal, peserta didik mampu menjelaskan
pengertian patriotisme pada sila ke 3 Pancasila |
C2 |
Essai |
||||
2 |
Bahasa Indonesia |
3.4 Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek : apa,
dimana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana |
Disajikan teks bacaan, peserta didik mampu menemukan
informasi dari sebuah bacaan menggunakan aspek apa |
Kata Tanya |
C1 |
PG |
Disajikan teks bacaan, peserta didik mampu menemukan
informasi dari sebuah bacaan menggunakan aspek di mana |
C1 |
PG |
||||
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan
jawaban kalimat tanya tentang waktu |
C3 |
PG |
||||
Disajikan soal, peserta didik mampu menunjukkan kalimat
tanya yang sesuai dengan pernyataan |
C2 |
PG |
||||
Disajikan soal, peserta didik mampu menunjukkan kalimat
tanya yang sesuai dengan pertanyaan |
C2 |
Isian |
||||
Disajikan soal, peserta didik mampu menyebutkan kata
baku sesuai dengan KBBI. |
Kata Baku |
C1 |
Isian |
|||
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menuliskan
kalimat efektif |
Kalimat Efektif |
C1 |
Essai |
|||
3 |
IPA |
3.3 Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan. |
Disajikan soal, peserta didik mampu menjelaskan cara
penyesuaian diri tumbuhan |
Adaptasi makhluk hidup |
C2 |
PG |
Disajikan soal, peserta didik mampu menentukan jenis
penyesuaian diri terhadap lingkungan pada tumbuhan |
C3 |
PG |
||||
Disajikan soal, peserta didik mampu menyebutkan contoh
adaptasi pada hewan |
C1 |
PG |
||||
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu
mengelompokkan hewan yang dilindungi secara in situ |
C4 |
PG |
||||
Disajikan soal, peserta didik mampu menjelaskan salah
satu manfaat tumbuhan bagi manusia |
C2 |
Isian |
||||
Disajikan soal, peserta didik mampu menyebutkan jenis
adaptasi hewan terhadap lingkungan. |
C1 |
Isian |
||||
Disajikan soal, peserta didik mampu menjelaskan cara
adaptasi tumbuhan dengan lingkungan |
C2 |
Essai |
||||
4 |
IPS |
3.4 Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan
kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera. |
Disajikan soal, peserta didik mampu menyebutkan makna
kemerdekaan bagi Indonesia |
Makna Proklamasi |
C2 |
PG |
Disajikan soal, peserta didik mampu menyebutkan tokoh
dalam peristiwa kemerdekaan |
C1 |
PG |
||||
Disajikan soal, peserta didik mampu menjelaskan
kebijakan pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan pada masa awal
kemerdekaan |
Upaya Mempertahankan Kemerdekaan |
C2 |
PG |
|||
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan
jenis perundingan pada masa kemerdekaan |
C3 |
PG |
||||
Disajikan soal, peserta didik mampu menyebutkan dampak
peristiwa Agresi Militer Belanda I |
|
C1 |
Isian |
|||
Disajikan soal, peserta didik mampu menyebutkan peran
para tokoh kemerdekaan |
C2 |
Isian |
||||
Disajikan soal, peserta didik mampu menyebutkan contoh
sikap dalam mempertahan kemerdekaan |
C2 |
Essai |
||||
5 |
SBdP |
3.3 Memahami tari kreasi daerah |
Disajikan soal, peserta didik mampu menentukan pola
lantai yang digunakan pada gerakan tarian |
Pola lantai |
C3 |
PG |
Disajikan soal, peserta didik mampu menjelaskan makna
tari adat suatu daerah |
C2 |
PG |
||||
Disajikan soal, peserta didik mampu menyebutkan tari
daerah dari suatu daerah |
C1 |
PG |
||||
Disajikan soal, peserta didik mampu menjelaskan tujuan
dari pola lantai pada tarian |
C2 |
PG |
||||
Disajikan gambar, peserta didik mampu menentukan pola
lantai tarian. |
Pola gerakan tari Inang |
C3 |
Isian |
|||
Disajikan soal, peserta didik mampu menjelaskan kesan
pola lantai pada tarian |
Pola lantai |
C2 |
Isian |
|||
Disajikan soal, peserta didik mampu menganalisis
pentingnya kekompakan pada pagelaran tarian. |
C4 |
Essai |
KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)
SEMESTER 1 KELAS 6
MATEMATIKA
TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Kompetensi
inti : 3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara
mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, di sekolah, dan di tempat bermain.
NO |
MATERI |
KOMPETENSI
DASAR |
INDIKATOR |
KISI-KISI |
LEVEL
KOGNITIF |
JENIS
SOAL PG/ISIAN |
1. |
Operasi Hitung |
3.1 Menjelaskan
bilangan bulat negatif (termasuk
menggunakan garis bilangan) |
3.1.1 Membaca lambang bilangan bulat positif |
Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan nama bilangan |
C1 |
Isian |
|
|
|
3.1.2 Membaca lambang bilangan bulat negatif |
Disajikan
soal, siswa mampu menyebutkan lambang
dari suatu bilangan |
C1 |
Isian |
|
|
|
3.1.3 Menulis lambang bilangan bulat positif |
Disajikan
soal, siswa mampu menyebutkan lambang
dari suatu bilangan |
C1 |
PG |
|
|
|
3.1.4 Menulis lambang bilangan bulat negatif |
Disajikan
soal, siswa mampu menyebutkan lambang dari
suatu bilangan |
C1 |
PG |
|
|
|
|
Disajikan
soal, siswa mampu menentukan letak dari
suatu lambang bilangan |
C3 |
PG |
|
|
|
3.1.5 Mengurutkan bilangan bulat |
Disajikan soal, siswa mampu mengurutkan bilangan dari
yang terkecil hingga terbesar |
C3 |
PG |
|
|
|
3.1.6 Membandingkan bilangan bulat |
Disajikan
soal, siswa mampu menentukan
perbandingan dua bilangan |
C3 |
PG |
|
|
3.2 Menjelaskan
dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan,
perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif |
3.2.1 Menentukan penjumlahan bilangan bulat |
Disajikan
soal, siswa mampu melakukan penjumlahan
bilangan bulat negatif dan positif |
C2 |
PG |
|
|
|
|
Disajikan soal cerita, siswa mampu menentukan
penjumlahan dari suatu biangan bulat |
C3 |
Isian |
|
|
|
|
Disajikan soal cerita, siswa mampu menyelesaikan
penjumlahan bilangan bulat |
C3 |
Isian |
|
|
|
|
Disajikan soal cerita, siswa mampu menentukan letak
suatu bilangan bulat |
C3 |
Uraian |
|
|
|
3.2.2 Menentukan pengurangan bilangan bulat |
Disajikan
soal, siswa mampu melakukan pengurangan bilangan bulat |
C2 |
PG |
|
|
|
3.2.3 Menentukan perkalian bilangan bulat |
Disajikan soal, siswa mampu melakukan perkalian
bilangan bulat |
C2 |
PG |
|
|
|
3.2.4 Menentukan pembagian bilangan bulat |
Disajikan
soal, siswa mampu melakukan pembagian
bilangan bulat |
C2 |
PG |
|
|
|
3.2.5 Menentukan operasi campuran bilangan bulat |
Disajikan
soal, siswa mampu menyelesaikan hasil
operasi campuan bilangan bulat |
C3 |
PG |
|
|
|
|
Disajikan
soal, siswa mampu menentukan hasil operasi campuran bilangan bulat |
C3 |
PG |
|
|
|
|
Disajikan
soal, siswa mampu menentukan hasil dari
operasi hitung campuran bilangan bulat |
C3 |
PG |
|
|
|
|
Disajikan soal, siswa mampu menyelesaikan operasi
hitung campuran bilangan bulat |
C3 |
Isian |
|
Operasi Hitung Campuran |
3..3 Menjelaskan dan melakukan operasi hitung campuran yang
melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk
sesuai urutan operasi |
3.3.1 Menentukan opeasi hitung campuran bilangan cacah,
pecahan, dan desimal dalam berbagai bentuk bilangan |
Disajikan
soal, siswa mampu menentukan hasil dari operasi hitung campuran
bilangan cacah dan desimal dengan benar |
C3 |
PG |
|
|
|
|
Disajikan soal cerita, siswa mampu menentukan hasil
dari operasi hitung campuran bilangan desimal dan cacah dengan benar |
C3 |
Uraian |
2. |
Unsur-unsur Lingkaran |
3.4 Menjelaskan unsur-unsur lingkaran (titik pusat, jari-jari,
diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring) |
3.4.1 Memahami unsur-unsur lingkaran (titik pusat, jari-jari,
diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring) |
Disajikan gambar, siswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur
lingkaran dengan tepat |
C1 |
PG |
|
|
|
|
Disajikan gambar, siswa dapat menyebutkan daerah yang diarsir dari salah satu
unsur-unsur lingkaran dengan tepat |
C1 |
PG |
|
|
|
|
Disajikan
soal, siswa dapat menentukan diameter suatu lingkaran |
C3 |
PG |
|
|
|
|
Disajikan
soal, siswa dapat menyebutkan daerah yang terdapat di dalam sebuah lingkaran |
C1 |
Isian |
|
|
|
|
Disajikan soal, siswa mampu menentukan
panjang jari-jari dalam suatu lingkaran |
C3 |
Isian |
|
|
3.5 Menjelaskan unsur-unsur lingkaran (titik pusat,
jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring) dan taksiran
keliling dan luas lingkaran |
3.5.1 Memahami cara menghitung keliling lingkaran |
Disajikan
gambar, siswa mampu menghitung keliling lingkaran |
C2 |
PG |
|
|
|
|
Disajikan
soal, siswa mampu menghitung keliling sebuah lingkaran dengan benar |
C2 |
PG |
|
|
|
|
Disajikan gambar, siswa mampu
menentukan keliling lingkaran jika diketahui diameternya |
C3 |
Isian |
|
|
|
|
Disajikan
soal, siswa mampu menentukan jari-jari dari seperempat lingkaran dengan benar |
C3 |
Isian |
|
|
|
|
Disajikan soal cerita, siswa mampu
menghitung keliling lingkaran dengan benar |
C2 |
Uraian |
|
|
|
|
Disajikan
soal cerita, siswa mampu menentukan panjang lintasan dari lingkaran |
C3 |
URAIAN |
|
|
|
3.5.2 Memahami cara
menghitung luas lingkaran |
Disajikan soal, siswa mampu
menentukan luas lingkaran jika diketahui jari-jarinya |
C3 |
PG |
|
|
|
|
Disajikan soal, siswa mampu
menentukan luas lingkaran jika diketahui kelilingnya |
C3 |
PG |
|
|
|
|
Disajikan
soal, siswa mampu menentukan luas lingkaran dengan benar |
C3 |
Isian |
|
|
|
|
Disajikan
gambar, siswa mampu menghitung luas lingkaran dengan benar |
C2 |
Uraian |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar