KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2022/2023
KEC. LEMAHWUNGKUK KOTA CIREBON
Muatan
Pelajaran : Tema 3
Kompetensi
Inti : 3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
Kelas /
Semester : VI / 1
Waktu : RABU (90 menit)
No. |
Kompetensi Dasar |
Indikator |
Materi |
Level Kognitif |
Bentuk Soal |
1 |
PPKn 3.2 Menganalisis pelaksanaan
kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta dampaknya
dalam kehidupan sehari-hari |
Disajikan
soal, siswa mampu mengingat kembali pengertian hak |
Pelaksanaan
hak sebagai warga negara |
C 1 |
PG |
Disajikan
soal, siswa mampu mengidentifikasi
pelaksanaan hak anak di rumah |
Pelaksanaan
hak di rumah |
C 1 |
PG |
||
Disajikan
soal, siswa mampu menentukan kewajiban anak di sekolah |
Pelaksanaan
kewajiban di sekolah |
C 2 |
PG |
||
Disajikan
soal, siswa mampu mendiagnosis pernyataan yang benar mengenai hak dan
kewajiban |
Pelaksanaan
hak dan kewajiban |
C 4 |
PG |
||
Disajikan
soal, siswa mampu mengaitkan hubungan atara hak dan kewajiban |
Pelaksanaan
hak dan kewajiban |
C 4 |
Isian |
||
Disajikan
soal, siswa mampu menginterpretasikan hubungan antara hak dan kewajiban |
Pelaksanaan
hak dan kewajiban |
C 2 |
Isian |
||
Disajikan
soal, siswa mampu menuliskan 3 kewajiban sebagai pengguna jalan raya saat
berkendara |
Pelaksanaan
kewajiban sebagai warga negara |
C 1 |
Uraian |
||
2 |
B.Indonesia 3.2 Menggali isi teks penjelasan
(eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca |
Disajikan
soal, siswa mampu menjelaskan isi dari sebuah teks eksplanasi |
Komponen
Teks eksplanasi |
C 2 |
PG |
Disajikan
bacaan, siswa mampu menyimpulkan isi teks eksplanasi yang di baca |
Teks
Eksplanasi |
C5 |
PG |
||
Disajikan
soal, siswa mampu mendiagnosis kalimat efektif yang tepat |
Kalimat
Efektif |
C 4 |
PG |
||
Disajikan
beberapa kalimat, siswa mampu menelaah penggunaan kosa kata baku yang tepat |
Kosa
kata baku |
C 4 |
PG |
||
Disajikan
soal, siswa mampu mengingat kembali pengertian teks eksplanasi |
Teks
eksplanasi |
C 1 |
Isian |
||
Disajikan
penggalan teks Eksplanasi, siswa mampu menentukan kosa kata baku yang tepat |
Menentukan
kosa kata baku dari teks Eksplanasi |
C 3 |
Isian |
||
Disajikan
beberapa kalimat, siswa mampu mengonsepkan kalimat efektif |
Kalimat
Efektif |
C 3 |
Isian |
||
3 |
IPA 3.4 Mengidentifikasi komponen-komponen listrik
dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana |
Disajikan
soal, siswa mampu menyebutkan karakteristik susunan rangkaian seri |
Rangkaian
Listrik Seri |
C 1 |
PG |
Siswa
mampu menelaah pernyataan tentang rangkaian lisrik paralel |
Rangkaian
Listrik Paralel |
C 4 |
PG |
||
Disajikan
soal, siswa mampu mengidentifikasi penggunaan rangkaian listrik paralel dalam
kehidupan sehari-hari |
Rangkaian
listrik paralel |
C 1 |
PG |
||
Disajikan
beberapa contoh peralatan listrik, siswa mampu mendiferensiasikan peralatan
listrik yang menerapkan konsep rangkaian seri |
Rangkaian
listrik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari |
C 4 |
PG |
||
Disajikan
gambar, siswa mampu menentukan jenis rangkaian listrik |
Rangkaian
listrik |
C 3 |
Isian |
||
Disajikan
soal, siswa mampu menyebutkan komponen listrik berdasarkan fungsinya |
Komponen
listrik dan fungsinya |
C 1 |
Isian |
||
Disajikan
soal, siswa mampu memberi argumen mengenai konsep rangkaian listrik dan
penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari |
Rangkaian
listrik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari |
C 5 |
Uraian |
||
4 |
IPS 3.2 Menganalisis perubahan sosial budaya dalam
rangka modernisasi bangsa Indonesia |
Disajikan
soal, siswa mampu menentukan alat
transportasi masal modern |
Penemuan
alat transportasi dan manfaatnya |
C 3 |
PG |
Disajikan
soal, siswa mampu menelaah manfaat penemuan lampu dalam bidang ekonomi |
Penemuan
Lampu dan manfaatnya |
C 4 |
PG |
||
Disajikan
soal, siswa mampu menentukan dampak positif dari penemuan dalam bidang
pendidikan |
Dampak
positif Penemuan |
C 3 |
PG |
||
Disajikan
soal, siswa mampu menelaah manfaat penemuan transportasi udara |
Manfaat
penemuan alat transportasi |
C 4 |
PG |
||
Disajikan
soal, siswa mampu menyebutkan alat komunikasi yang digunakan sebelum adanya
penemuan E-mail (Surat Elektronik) |
Penemuan
E-Mail |
C 1 |
Isian |
||
Disajikan
soal, siswa mampu mengidentifikasi manfaat kemajuan teknologi |
Manfaat
penemuan |
C 1 |
Isian |
||
Disajikan
Gambar, siswa mampu menganalisis perubahan kehidupan masyarakat setelah
ditemukannya komputer |
Perubahan
sosial budaya dalm rangka modernisasi bangsa Indonesia |
C 4 |
Uraian |
||
5 |
SBdP 3.2 Memahami interval nada |
Disajikan
soal, siswa mampu menjelaskan pengertian Interval |
Interval
nada |
C 2 |
PG |
Disajikan
soal, siswa mampu menyebutkan asal Daerah lagu Mariam Tomong |
Interval
nada |
C 1 |
PG |
||
Disajikan
soal, siswa mampu menjelaskan cara meyanyikan lagu dengan interval tangga
nada mayor |
Interval
nada |
C 2 |
PG |
||
Disajikan
soal, siswa mampu menentukan nada yang digunakan pada tangga nada mayor |
Interval
nada |
C 3 |
PG |
||
Disajikan
soal, siswa mampu mengidentifikasi interval tangga nada mayor |
Interval
nada |
C 1 |
Isian |
||
Disajikan
soal, siswa mampu menentukan jarak / interval nada |
Interval
nada |
C 3 |
Isian |
||
Disajikan
pernyataan, siswa mampu menyebutkan 3 alat musik melodis |
Interval
nada |
C 1 |
Uraian |
KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN
2022/2023
KEC. LEMAHWUNGKUK KOTA CIREBON
Muatan
Pelajaran : PJOK
Kompetensi
Inti : 3.1
Kelas /
Semester : Enam (VI) / I
Waktu : RABU
No. |
Kompetensi Dasar |
Indikator |
Materi |
Level Kognitif |
Bentuk Soal |
1 |
3.1 memahami
variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non lokomotor, dan manipulatif
dengan kontrol yang baik dalam permainan bola besar sederhana dan atau
tradisional |
menetukan
variasi dan kombinasi gerak dasar |
Variasi
dan kombinasi gerak dasar dalam permainan bola besar |
Level 3 |
Pilihan
ganda |
2 |
3.1
memahami variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non lokomotor,
dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola besar sederhana
dan atau tradisional |
menunjukkan
tujuan dari sebuah salah satu jenis tendangan |
Variasi
dan kombinasi gerak dasar dalam permainan bola besar |
Level 2 |
Pilihan
ganda |
3 |
3.1
memahami variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non lokomotor,
dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola besar sederhana
dan atau tradisional |
menentukan
posisi lutut ketika melakukan passing bawah |
Variasi
dan kombinasi gerak dasar dalam permainan bola besar |
Level 3 |
Pilihan
ganda |
4 |
3.1
memahami variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non lokomotor,
dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola besar sederhana
dan atau tradisional |
menentukan
variasi dan kombinasi gerak dasar |
Variasi
dan kombinasi gerak dasar dalam permainan bola besar |
Level 3 |
Pilihan
ganda |
5 |
3.1
memahami variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non lokomotor,
dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola besar sederhana
dan atau tradisional |
mengidentifikasi
urutan melempar bola basket |
Variasi
dan kombinasi gerak dasar dalam permainan bola besar |
Level 1 |
Pilihan
ganda |
6 |
3.2 Memahami variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor,
nonlokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola
kecil sederhana dan atau tradisional. |
menunjukkan
kombinasi gerak dasar lokomotor yang dilakukan oleh seorang pemain kasti |
Variasi
dan kombinasi gerak dasar dalam berbagai permainan bola kecil |
Level 2 |
Pilihan
ganda |
7 |
3.2 Memahami variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor,
nonlokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola
kecil sederhana dan atau tradisional. |
menentukan
posisi tangan saat menangkap bola dalam permainan rounders |
Variasi
dan kombinasi gerak dasar dalam berbagai permainan bola kecil |
Level 3 |
Pilihan
ganda |
8 |
3.2 Memahami variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor,
nonlokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola
kecil sederhana dan atau tradisional. |
menentukan
variasi gerak dasar manipulatif dengan kombinasi gerak dasar nonlokomotor
dalam permainan rounders |
Variasi
dan kombinasi gerak dasar dalam berbagai permainan bola kecil |
Level 3 |
Pilihan
ganda |
9 |
3.3 Memahami variasidan kombinasi gerak dasar jalan,lari,
lompat, dan lempar dengan kontrol yang baik melalui permain andan atau olahraga tradisional. |
menunjukkan Bentuk variasi dan kombinasi gerak dasar yang tepat
dalam lompat jauh |
Kombinasi gerak dasar jalan, lari,lompat, dan lempar |
Level 2 |
Pilihan
ganda |
10 |
3.3 Memahami variasidan kombinasi gerak dasar jalan,lari,
lompat, dan lempar dengan kontrol yang baik melalui permain andan atau olahraga tradisional. |
menentukan teknik dasar mendarat pada nomor lompat jauh |
Kombinasi gerak dasar jalan, lari,lompat, dan lempar |
Level 3 |
Pilihan
ganda |
11 |
3.4 Memahami variasi dan kombinasi gerak |
menentukan sikap tepat kuda- kuda |
Variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor dan nonlokomotor
dalam seni bela diri pencak silat |
Level 3 |
Pilihan
ganda |
12 |
3.4 Memahami variasi dan kombinasi gerak |
menentukan gerakan yang menggunakan kangkang sebagai sikap dasar |
Variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor dan nonlokomotor
dalam seni bela diri pencak silat |
|
Pilihan
ganda |
13 |
3.4 Memahami variasi dan kombinasi gerak |
Menentukan jenis serangan dengan menggunakan kaki dalam teknik
serangan dalam pencak silat |
Variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor dan nonlokomotor
dalam seni bela diri pencak silat |
Level 1 |
Pilihan
ganda |
14 |
3.4 Memahami variasi dan kombinasi gerak |
menentukan variasi dan kombinasi gerak dasar |
Variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor dan nonlokomotor
dalam seni bela diri pencak silat |
Level 3 |
Pilihan
ganda |
15 |
3.5 Memahami latihan kebugaran jasmani |
menentukan unsur kebugaran jasmani yang dipakai dalam mendorong
suatu beban yang berat |
Aktivitas kebugaran jasmani |
Level 3 |
Pilihan
ganda |
16 |
3.5 Memahami latihan kebugaran jasmani |
menentukan suatu komponen dasar dalam kebugaran fisik |
Aktivitas kebugaran jasmani |
Level 3 |
Pilihan
ganda |
17 |
3.5 Memahami latihan kebugaran jasmani |
menentukan bagian dari kebuagaran jasmani yang menentukan
kemampuan otot untuk berkontraksi dan menahan beban tubuh |
Aktivitas kebugaran jasmani |
Level 3 |
Pilihan
ganda |
18 |
3.5 Memahami latihan kebugaran jasmani |
mengurutkan gerakan peregangan otot lengan |
Aktivitas kebugaran jasmani |
Level 1 |
Pilihan
ganda |
19 |
3.5 Memahami latihan kebugaran jasmani |
menentukan manfaat peregangan otot dan pelemasan sendi dengan
manfaat |
Aktivitas kebugaran jasmani |
Level 3 |
Pilihan
ganda |
20 |
3.5 Memahami latihan kebugaran jasmani |
menentukan gerakan yang berguna untuk melatih salah satuan
bagian anggota tubuh |
Aktivitas kebugaran jasmani |
Level 3 |
Pilihan
ganda |
21 |
3.1
memahami variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non lokomotor,
dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola besar sederhana
dan atau tradisional |
menyebutkan
Induk organisasi sepak bola di Indonesia |
Variasi
dan kombinasi gerak dasar dalam permainan bola besar |
Level 2 |
Isian |
22 |
3.1
memahami variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non lokomotor,
dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola besar sederhana
dan atau tradisional |
menyebutkan
jumlah pemain dalam permainan bola voli |
Variasi
dan kombinasi gerak dasar dalam permainan bola besar |
Level 2 |
Isian |
23 |
3.2 Memahami variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor,
nonlokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola
kecil sederhana dan atau tradisional. |
Menentukan
jenis lemparan bola kasti yang dipakai untuk lemparan jarak jauh |
Variasi
dan kombinasi gerak dasar dalam berbagai permainan bola kecil |
Level 3 |
Isian |
24 |
3.2 Memahami variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor,
nonlokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola
kecil sederhana dan atau tradisional. |
menyebutkan
jumlah pemain dalam permainan bola kasti |
Variasi
dan kombinasi gerak dasar dalam berbagai permainan bola kecil |
Level 2 |
Isian |
25 |
3.3 Memahami variasidan kombinasi gerak dasar jalan,lari,
lompat, dan lempar dengan kontrol yang baik melalui permain andan atau olahraga tradisional. |
Menentukan
jenis start yang dipakai pada saat lari jarak pendek |
Kombinasi gerak dasar jalan, lari,lompat, dan lempar |
Level 3 |
Isian |
26 |
3.3 Memahami variasidan kombinasi gerak dasar jalan,lari,
lompat, dan lempar dengan kontrol yang baik melalui permain andan atau olahraga tradisional. |
Menentukkan
cabang nomor lompat dalam cabang atletik |
Kombinasi gerak dasar jalan, lari,lompat, dan lempar |
Level 3 |
Isian |
27 |
3.4 Memahami variasi dan kombinasi gerak |
Menyebutkan
tempat yang dipakai untuk pertandingan pencak silat |
Variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor dan nonlokomotor
dalam seni bela diri pencak silat |
Level 2 |
Isian |
28 |
3.4 Memahami variasi dan kombinasi gerak |
Menentukkan
jenis tangkisan yang dipakai untuk melindungi tubuh bagian atas |
Variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor dan nonlokomotor dalam
seni bela diri pencak silat |
Level 3 |
Isian |
29 |
3.5 Memahami latihan kebugaran jasmani |
Menentukan
unsur-unsur kebugaran jasmani dalam aktivitas lari cepat |
Aktivitas kebugaran jasmani |
Level 3 |
Isian |
30 |
3.5 Memahami latihan kebugaran jasmani |
Menentukan
unsur-unsur kebugaran jasmani |
Aktivitas kebugaran jasmani |
Level 3 |
Isian |
31 |
3.1
memahami variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non lokomotor,
dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola besar sederhana
dan atau tradisional |
menyebutkankan macam- macam
lemparan dalam permainan bola basket |
Variasi
dan kombinasi gerak dasar dalam permainan bola besar |
Level 2 |
Uraian |
32 |
3.2 Memahami variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor,
nonlokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola
kecil sederhana dan atau tradisional. |
menjelaskan cara melakukan pukulan mendatar pada
permainan kasti |
Variasi
dan kombinasi gerak dasar dalam berbagai permainan bola kecil |
Level 2 |
Uraian |
33 |
3.3 Memahami variasidan kombinasi gerak dasar jalan,lari,
lompat, dan lempar dengan kontrol yang baik melalui permain andan atau olahraga tradisional. |
menjelaskan cara melakukan variasi gerak dasar lari
dengan kombinasi lempar pada lempar roket |
Kombinasi gerak dasar jalan, lari,lompat, dan lempar |
Level 2 |
Uraian |
34 |
3.4 Memahami variasi dan kombinasi gerak |
menyebutkan fungsi sikap kuda-
kuda pada pencak silat |
Variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor dan nonlokomotor
dalam seni bela diri pencak silat |
Level 2 |
Uraian |
35 |
3.5 Memahami latihan kebugaran jasmani |
menjelaskan manfaat pemanasan sebelum berolahraga
dengan tepat. |
Aktivitas kebugaran jasmani |
Level 2 |
Uraian |
KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN
2022/2023
Tidak ada komentar:
Posting Komentar